SMP Warga Surakarta mengadakan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dengan mengusung tema Kearifan LokalBatikku”, kegiatan ini diawali dengan studi banding ke Museum Batik Danar Hadi, membuat motif batik, mencantik batik, dan memamerkan hasil karya batik di aula sekolah 

Kepala Sekolah SMP Warga, Budi Prabowo, S.T., S.Kom. sangat menyambut baik kegiatan ini. Beliau mengungkapkan bahwa penyelenggaraan P5 tema Kearifan Lokal dengan sub tema Batikku yang diakhiri dengan gelar karya dapat menjadi hal yang mengapresiasi proses pembelajaran yang telah siswa-siswi lakukan.  

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa batik merupakan salah satu bentuk kearifan lokal negara Indonesia. Batik merupakan warisan dunia dari negara Indonesia dan menjadi ciri khas budaya Indonesia. Maka dari itu, kita harus berupaya untuk melestarikannya. Melalui kegiatan P5 ini diharapkan kitab isa terus menjaga batik agar tetap eksis sebagai symbol kebanggaan Indonesia,” ujarya. 

Lebih lanjut, ia turut berharap untuk kedepannya kegiatan P5 yang diselenggarakan SMP Warga dapat di implementasikan dengan lebih variatif dan menguatkan karakter Profil pelajar Pancasila bagi siswa. 

“Terakhir, saya sangat berharap kegiatan P5 kali ini dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat batik dan memperomosikan produk-produk batik lokal ke masyarakat luas. Terlebih lagi diawal siswa juga diajak studi banding ke Museum Danar Hadi, sehingga harapannya siswa semakin mengenal lebih dalam tentang teknik dan proses pembuatan batik. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu siswa untuk memiliki minat dan bakat dalam bidang batik serta membentuk generasi muda yang peduli terhadap budaya dan kebudayaan Indonesia,” tukasnya.