Kabar membanggakan datang dari dunia teknologi dan kreativitas digital. Tyaga Gerson Wiguna, siswa kelas 8 SMP Warga Surakarta, berhasil meraih Juara 2 dalam ajang Scratch Teams 2025 kategori tingkat SMP (kelas 7–9). Kompetisi ini mengangkat tema “Archipelago Challenge”, dengan fokus pada pelestarian budaya dan kearifan lokal Indonesia.
Dalam lomba tersebut, Tyaga menampilkan projek game edukatif bertajuk “Kearifan Lokal Flores”, yang mengangkat budaya, tradisi, dan nilai-nilai kearifan lokal dari wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur. Game ini mendapat apresiasi tinggi dari dewan juri karena dinilai kreatif, edukatif, dan memiliki nilai pelestarian budaya yang kuat.
Kepala SMP Warga Surakarta, Bapak Budi Prabowo, S.T., S.Kom., menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian ini.
“Kami sangat mengapresiasi semangat dan kreativitas Tyaga. Kemenangan ini menunjukkan bahwa teknologi bisa menjadi media yang kuat untuk mengenalkan budaya Nusantara. Ini selaras dengan visi kami dalam mengembangkan siswa yang berkarakter dan berwawasan global,” ujarnya.
Kompetisi Scratch Teams 2025 diikuti oleh peserta dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia dan diselenggarakan secara daring. Setiap peserta ditantang untuk menciptakan projek digital berbasis Scratch yang mengangkat tema budaya atau kearifan lokal daerah masing-masing.
Tyaga pun mengaku sangat bersyukur bisa membawa pulang gelar juara nasional. “Saya ingin mengangkat budaya Flores agar lebih dikenal anak-anak Indonesia. Lewat game ini, saya berharap banyak orang bisa belajar sambil bermain dan mencintai keberagaman budaya kita,” ucapnya.
Dari prestasi ini pun turut memperkuat komitmen SMP Warga dalam mendukung integrasi teknologi dan pendidikan berbasis nilai-nilai lokal sebagai bentuk penguatan profil pelajar Pancasila.
